PENTINGNYA EDIFIKASI DALAM BISNIS MLM

Surabaya, 4Jovem Redaksi – Selasa (17/10/2017)

Berkecimpung dalam bisnis jaringan, Anda akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang baru entah secara online maupun offline. Kesempatan ini biasanya menjadi penentu apakah orang tersebut nantinya bergabung dalam bisnis Anda atau tidak. Dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah, Anda harus membuat orang tersebut percaya atas semua perkataan Anda.

Namun apa jadinya jika Anda termasuk orang yang susah berbicara? Bisnis Anda akan lesu dan pertumbuhan jaringan pun menjadi lambat. Biasanya, kesulitan ini Anda alami karena sedikitnya intensitas Anda untuk berbicara di depan umum. Atau bisa jadi karna besarnya rasa kurang percaya diri dalam diri Anda. Untuk itu Anda perlu mengatasi hal tersebut dengan menerapkan sistem edifikasi dengan baik dan benar.

Baik secara online ataupun offline, edifikasi bisa dikatakan sebagai sebuah penentu apakah bisnis Anda akan besar atau tidak. Dengan melibatkan orang ketiga, edifikasi berfungsi menjadi awalan presentasi yang menunjukkan kerendahan hati Anda dalam berbisnis sekaligus pemberian bukti kepada calon mitra usaha. Dari edifikasi-lah, Anda mampu memupuk kepercayaan calon mitra usaha dengan tidak berfokus pada keberhasilan maupun hal-hal baik seputar Anda, melainkan pada sosok lain yang ada di balik layar. Upline.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan perkenalkan upline secara hormat dan tulus melaui kisah-kisah heroiknya. Ceritakan apa adanya, namun juga bisa membangkitkan respect orang lain terhadap sang upline. Hindari penggunaan kata-kata yang bombastis. Hal ini bertujuan untuk menguatkan rasa solidaritas satu sama lain agar perkembangan jaringan Anda semakin kuat. Pastikan hal ini menjadi kebiasaan Anda saat melakukan presentasi. Karena edifikasi juga berlaku bagi upline untuk downline.

Kenapa bisa begitu? Hal ini berkaitan dengan etika dalam berbisnis dimana ketika seseorang berkata baik tentang Anda, maka sudah seharusnya Anda membalasnya dengan berkata baik tentangnya. Ini lah yang menjadi kunci dari kesuksesan bisnis jaringan. Ketika upline mendapatkan edifikasi dari downline-nya, maka sang upline memiliki kekuatan untuk meyakinkan calon mitra usaha. Begitu pula dengan Anda (semisal, downline) yang memiliki kekuatan untuk mewujudkan closing sehingga mitra usaha memutuskan untuk join kepada Anda.  

Banyak para pelaku bisnis MLM yang gagal dalam bisnisnya karena lupa untuk menerapkan edifikasi. Penghambatnya adalah, beberapa diantara mereka merasa lebih hebat dan berpengalaman dibandingkan upline ataupun downline. Bisa juga dari segi aspek kedekatan, dimana Anda malu untuk mengakui atau memberikan pujian kepada upline atau downline yang sudah Anda kenal sejak lama.

Ayo, lupakan sifat-sifat jelek juga kekurangan mereka. Fokuslah pada kelebihannya maka Anda akan jauh lebih mudah melakukan edifikasi.

Selamat bangun bisnis jaringanmu, sekarang!