KURANG PROTEIN, IBU HAMIL BISA TERSERANG HYPEREMIS GRAVIDARIUM

Surabaya, 4Jovem Redaksi – Rabu (18/10/2017)

Menjalani proses kehamilan bagi seorang perempuan, pastinya dituntut untuk ekstra hati-hati. Terlebih pada gejala Hyperemesis Gravidarium (HG) yang dicirikan dengan rasa mual hingga muntah tiap menelan makanan dan minuman. Penelitian menunjukkan, setidaknya terdapat 0,5-3% ibu hamil yang mengalami HG. Durasinya pun beragam mulai dari 14 minggu, lebih dari 14 minggu, atau bahkan hingga bayi lahir.

Umumnya, kondisi ini terjadi ketika kandungan tengah berada pada tahap trisemester 1 dan ke-2 dimana nafsu makan mulai menurun secara drastis. Bagi beberapa penderitanya bahkan bisa mengalami mual hingga 50 kali dalam sehari. Bayangkan jika kondisi ini terjadi pada Anda. Apa yang akan terjadi? Akibatnya bayi dalam kandungan pun rentan terserang penyakit karena kekurangan nutrisi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa terserang dehidrasi yang membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda sendiri maupun janin. Jika saat hamil Anda mengalami dehidrasi, maka akan terjadi penurunan cairan aminiotic dalam tubuh yang berfungsi menjaga bayi dari kemungkinan masuknya bakteri kedalam rahim. Selain itu Anda juga bisa mengalami kontraksi palsu, sembelit, pusing, tubuh lemas, sering mengantuk, hingga kemungkinan sulit saat persalinan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengalami penurunan tekanan darah dalam tubuh sehingga bayi menjadi kekurangan asupan darah.

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa penyebab HG. Namun banyak para ahli yang menyimpulkan HG ini muncul akibat tingginya level stres Anda selama masa kehamilan. Sehingga perlu bagi Anda untuk pintar-pintar mengelola rutinitas sehari-hari agar masih memiliki waktu untuk untuk refreshing atau sekedar beristirahat. Bahkan jika istirahat dirasa kurang efektif, maka Anda juga bisa menjalankan psikoterapi untuk membantu meringankan gejalanya.

Namun ada baiknya beberapa tindakan preventif bisa Anda terapkan sebelum hal ini terjadi. Semisal dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan mengenai kemungkinan yang terjadi, atau meluangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat agar terhindar dari stres. Bisa juga dengan penuhi asupan bergizimu sebelum kehamilan seperti memperbanyak makanan dan minuman mengandung protein untuk jaga kesehatan kandungan Anda. Hal ini bisa Anda temukan pada minuman kesegaran Jovem Gluberry.

Cocok dikonsumsi sehari-hari sebagai minuman pendamping kehamilan Anda dengan kandungan proteinnya yang mencapai 93%. Di masa normal, tubuh Anda akan membutuhkan sekitar 1900 kkal dengan kebutuhan protein sekitar 50gram per hari. Namun di masa kehamilan, kebutuhan tersebut menjadi meningkat dengan total 2080-2200kkal dan 68gram lebih per harinya. Jika Anda adalah penderita HG, maka kandungan protein dalam Jovem Gluberry ini mampu memenuhi kebutuhan gizi Anda dimasa kehamilan.

Nantinya protein tersebut akan digunakan untuk memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti tulang, otot, mata, kulit, jantung, hingga hati. Berfungsi juga dalam pembentukan darah sehingga cairan ketuban dan sel-sel janin akan sempurna dan mampu membentuk antibodi bagi Anda beserta janin.

Ayo! Penuhi asupan proteinmu untuk hindari resiko bayi lebih kecil dan kelainan fisik. Bersama Jovem Gluberry, Anda bisa wujudkan masa kehamilan yang menyenangkan dan sehat.