TREND PERTUMBUHAN JARINGAN BISNIS MLM 2018

Surabaya, 4Jovem Redaksi – Rabu (25/10/2017)

Seiring semakin menjamurnya e-commerce di Indonesia, lambat laun trend pertumbuhan jaringan bisnis MLM juga akan mengalami pergeseran. Setelah sistem closing dan presentasi yang selalu mengandalkan interaksi langsung untuk memberikan kesan mendalam, nantinya di tahun 2018 Anda akan mulai membutuhkan internet untuk menjadi tombak dari pertumbuhan jaringan. Anda perlahan-lahan akan dipaksa untuk aktif melakukan promosi melalui social media dan menjadi kontributor penuh dalam platform promosi Anda sendiri untuk memanfaatkan ‘kepercayaan’ masyarakat bahwa internet adalah pusat dari segala informasi.

 

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang akan muncul seiring perubahan trend dalam pertumbuhan jaringan Anda:

1.Target marketing melebar

Jika dalam sistem offline Anda diharuskan untuk fokus pada sejumlah target marketing / calon mitra usaha berdasarkan daftar nama yang Anda buat, maka kedepannya target marketing Anda kemungkinan besar akan tidak terdaftar semua. Tidak hanya dimulai dari orang-orang terdekat, namun promosi Anda juga sampai pada mereka yang sebelumnya tidak pernah Anda kenal dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi mungkin sebab dari 1 promosi saja yang Anda lakukan di social media, maka seluruh pengikut/teman/pengguna social media di seluruh dunia dapat membacanya. Bahkan jika social media Anda di private sekalipun. Karnanya perubahan trend ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang sudah akrab pada kecanggihan teknologi internet.

 

2. Materi presentasi semakin singkat dan menarik

Ketika Anda sedang presentasi, pastinya ada banyak materi yang telah Anda persiapkan demi memantapkan hati calon mitra usaha. Namun di era e-commerce, Anda akan melupakan hal tersebut dan beralih kepada materi-materi lebih sederhana dengan menekankan strategi marketing yang lebih efektif baik dari segi bahasa dan desain.  

 

3. Kreativitas mengalahkan percaya diri

Ketika presentasi, Anda akan dituntut untuk tampil percaya diri dengan memiliki kemampuan komunikasi dan edifikasi yang bagus. Namun kedepannya, hal ini tidak lagi menjadi terlalu krusial sebab kreativitas Anda akan berperan lebih banyak dalam internet. Anda akan lebih jarang bertatap muka secara langsung dan lebih banyak menjumpai calon mitra usaha melalui tulisan maupun video. Jika konten-konten yang disajikan tidak menarik, makapromosi Anda tidak akan ber-impact­ besar. Karnanya penting bagi Anda untuk mulai mengasah kreativitas mulai dari sekarang demi mempersiapkan perubahan trend tahun 2018. Namun perlu diingat, percaya diri juga hal penting untuk Anda menghadapi perubahan trend ini.

 

4. Team vs Individu

Memasuki trend pertumbuhan jaringan yang serba online tidak selalu memposisikan Anda untuk bergerak bersama team. Akan muncul kekuatan-kekuatan baru yang mendorong kemandirian Anda untuk menjalankan semua sendiri. Namun jika ikatan team Anda kuat, maka hal ini tidak sepenuhnya akan terjadi dimana baik Anda maupun anggota team yang lain akan bersama-sama menyambut perubahan trend ini dan bekerja dengan baik untuk membangunnya.

 

Kendati demikian, pergeseran trend ini bukan menjadi hal yang benar-benar baru dalam perkembangan bisnis MLM. Karna banyak diantara Anda yang tanpa sadar juga telah memulai trend ini dengan melakukan promosi di masing-masing social media atau mungkin blog pribadi. Namun poin dasar yang harus Anda terima adalah, semua sistem baik online maupun offline harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Benar atau tidaknya perubahan trend ini kelak, Anda harus sudah siap menyambutnya dengan pemikiran terbuka.

 

Karna salah satu kunci kesuksesan seorang pebisnis adalah, memiliki mindset yang terbuka.