PILIH NGEJOVEM ONLINE ATAU OFFLINE ?

Surabaya, 4Jovem Redaksi – Kamis (11/05/2017)

Berbicara soal MLM, pasti sistem offline dan online ini sudah jadi makanan Kamu sehari-hari. Keberhasilan dari kerja keras Kamu dengan menggunakan masing-masing metode ini sudah terbukti berhasil melahirkan banyak milyader baru di tanah air. Tapi, kira-kira antara online dan offline, mana ya yang lebih cocok Kamu gunakan? Metode mana sih yang harus dipakai supaya income lebih banyak?

Nah untuk menjawab pertanyaan Kamu, kali ini tim Redaksi akan kasih reviewan singkat, khusus untuk Kamu lho...


Pertama-tama, harus diakui bahwa kedua sistem ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari aspek jangkauan, waktu, trust, hingga estimasi biaya yang harus Kamu keluarkan. Tapi, tahukah Kamu kalau masing-masing metode ini punya karakteristik berbeda? Setiap karakteristiknya akan lebih maksimal kalau digunakan sesuai dengan kepribadian Kamu masing-masing lho... Sebagai contoh, karakteristik dari sistem offline adalah humanis. Menjalankan MLM melalui sistem offline akan lebih cocok untuk Kamu yang mudah membaur dan senang berinteraksi dengan banyak orang. Sistem ini juga cocok untuk Kamu yang senang berpergian dan memiliki stamina lebih karena offline pastinya dilakukan dalam waktu dan lokasi berbeda-beda dimana Kamu memungkinkan untuk berpindah tepat berkali-kali dalam sehari. Dibandingkan online, Kamu yan menggunakan sistem ini tergolong memiliki kemampuan lebih dalam berbicara dan didukung dengan rasa percaya diri yang tinggi. Asumsi ini didasarkan pada penerapannya yang menuntut Kamu untuk menjadi pusat perhatian dan mahir dalam melakukan presentasi. Sedangkan karakteristik dari sistem online adalah teknologi. Sistem ini cenderung cocok digunakan untuk Kamu yang lebih senang menyendiri dan susah untuk bergaul. Karena melalui sistem online, Kamu nggak perlu berinteraksi secara langsung dengan orang-orang, dan hanya perlu melakukan pemantauan rutin terhadap konten. Disisi lain, sistem ini biasanya digunakan oleh Kamu yang memang memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi dan  update terhadap perkembangan. Karena hal ini akan menjadi kunci utama Kamu untuk membuat konten promosi yang lebih kreatif dan menarik daripada sekedar presentasi.


Siapapun yang menggunakan salah satu metode diatas pasti sudah nyaman dan mudah menemukan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi, untuk memaksimalkan metode ini Kamu harus tahu poin penting apa nih  yang harus Kamu kejar dalam melakukan prospekan.


Maka langkah selanjutnya adalah, mengejar kepercayaan dari calon prospekan. Baik online ataupun offline, bisnis Kamu nggak akan berjalan lancar kalau nggak bisa membangun rasa kepercayaan pada diri seseorang. Untuk mendapatkan kepercayaan itu, Kamu bisa mulai dari menciptakan kesan pertama yang oke. Seperti kredibilitas Kamu sebagai pelaku MLM. Kalau di sistem offline, kredibilitas bisa dibangun saat proses bertemu dan presentasi. Sedangkan dari online, Kamu bisa bangun melalui feed instagram atau desain promosi supaya terkesan lebih profesional dan meyakinkan. Setelah itu pastikan hubungan Kamu dengan calon prospekan tetap terjaga dengan baik untuk membangun kedekatan. Karena kredibilitas tanpa kedekatan akan sulit untuk bantu Kamu dapetin kepercayaan. Dan yang terakhir, kepercayaan ini bisa Kamu bangun dengan menunjukkan keandalan Kamu sebagai pelaku MLM melalui pembuktian atas khasiat produk ataupun reward-reward yang diberikan. Kalau Kamu bisa menghadirkan bukti secara langsung, otomatis kepercayaan itu akan datang dengan sendirinya. Dan ketiga hal ini perlu Kamu aplikasikan terus dalam menjalankan bisnis ya... Karena mempertahankan kepercayaan akan lebih susah daripada membangun kepercayaan.

Tapi... penerapan membangun kepercayaan dengan sistem yang cocok dengan kepribadian Kamu belum tentu bisa menghasilkan income yang lebih banyak lho... Kenapa? Karena Kamu harus sadar bahwa nggak ada jaminan pasti Kamu akan sukses hanya dengan menggunakan salah satu dari dua metode diatas. Karena jaminan sukses, hanya ada selama Kamu yakin dan percaya pada diri sendiri bahwa Kamu akan menjadi orang sukses kedepannya.


Dan terlalu fokus pada salah satu metode akan membuat progres bisnis Kamu berjalan lambat dan begitu-gitu aja. Tidak ada perkembangan yang berarti. Terlalu fokus dengan sistem offline, Kamu akan mengalami kesulitan dengan perkembangan zaman yang makin hari makin menuntutmu untuk canggih. Sedangkan terlalu fokus di online, Kamu akan kehilangan kemampuan bersosialisasi yang baik dan bisa menimbulkan kemungkinan turunnya kerja tim.

Untuk itu guys, Kamu harus percaya dan merubah mindset bahwa apa yang bisa dijalankan offline, juga bisa dijalankan online. Dan apa yang menjadi kelebihan online, juga bisa menjadi kelebihan offline. Jadi... solusi untuk income yang lebih banyak adalah... jalankan keduanya dan perbaiki keduanya. Manfaatkan koneksi teman lama atau menambah teman baru dan bangun kepercayaan Kamu dengan calon prospekan. Hal ini akan membantu memudahkan Kamu untuk perluas jaringan. Bisa ditunjang dengan penggunaan internet untuk sistem promosi yang lebih menarik dan luas juga lho. Dengan begitu kesempatan bisnsis berkembang lebih baik akan terbuka lebar. Dan mencoba keluar dari zona nyaman dan berani mencoba hal yang baru, akan membantu Kamu untuk melatih mental menjadi PEMIMPIN YANG SESUNGGUHNYA.

Yuk! Saatnya Kamu berkembang lebih baik ya... Dan jadilah sukses berjamaah bersama 4Jovem...

Semua Senang Semua Menang!